Cara Menggosok Gigi yang Benar

Jika anda melakukan cara menggosok gigi dibarengi dengan cara yang baik dan benar serta mengunakan teknik menggosok gigi yang pas, maka anda juga dapat menghindarkan organ tubuh yang satu ini (mulut) dari berbagai masalah yang akan timbul, seperti gusi yang bengkak karena terlalu menekan keras sikat gigi, dan masalah klasik yang terjadi pada mulut (bau mulut).
Cara Menggosok Gigi
Cara Menggosok Gigi yang Benar
Memang salah satu cara untuk menjaga dan merawat gigi yang paling adalah dengan menggosok gigi, cara ini tergolong paling mudah dilakukan, karena bisa anda lakukan bebarengan dengan aktivitas mandi pagi dan sore hari. Menyikat gigi yang baik sesuai petunjuk dokter adalah minimal 2 kali sehari, seperti yang sudah tercantum di kemasan pasta gigi, gosok gigi anda minimal 2 kali sehari.  

Namun waktu gosok gigi yang paling baik adalah setelah bangun tidur (pagi hari) dan ketika anda hendak tidur malam hari, dan jika anda mempunyai waktu luang, usahakan setelah makan siang anda bisa menyikat gigi untuk menghindari sisa makanan yang menempel di dinding gigi.

Sebenarnya apasih tujuan menggosok gigi itu? Salah satu tujuan utama menggosok gigi adalah menghindarkan dan membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel dididing gigi, sisa  makanan  ini jika dibiarkan akan membentuk plak kuning.

Nahhhh!! plak ini jika anda dibiarkan akan mengakibatkan karang gigi dan bau tak sedap pada mulut serta yang paling menakutkan gusi dan gigi akan rusak jika tidak membersihkannya

Mungkin tidak sedikit orang yang masih menyepelekan dan terlalu menganggap cara sikat gigi mungkin juga gitu-gitu saja ( tinggal kasih pasta dalam sikat tarik sini tarik sana), Jika anda merupakan salah satu orang yang tergolong diatas, mulai sekarang anda bisa mencoba cara-cara dibawah ini, sehingga gigi anda bisa lebih kuat dan sehat. Dan semoga cara-cara dibawah bisa menjadi solusi sehat mulut dan gigi kita.

Cara menggosok gigi yang benar dan baik:
  • Ambil sikat dan pasta gigi, Peganglah sikat gigi dengan cara anda sendiri (yang penting nyaman untuk anda pegang), oleskan pasta gigi di sikat gigi yang sudah anda pegang.
    sikat dan pasta gigi
  • Sikat gigi anda (gigi depan dengan cara menjalankan sikat gigi pelan-pelan dan naik turun. Kenapa harus pelan-pelan karena biasanya orang yang menyikat gigi secara kasar, akan mengakibatkan gusi lecet dan berdarah.
    cara Sikat gigi depan
  • Langkah selanjutnya gosok bagian gigi sebalah kanan dan kiri. Cara Pengaplikasian hampir sama dengan menyikat gigi depan anda, yaitu gosok perlahan dengan irama naik turun. Jika susah mengosok naik turun anda bisa menggosok biasa namun dengan durasi lebih lama, karena mengosok dengan cara naik turun walaupun pelan-pelan akan lebih cepat menghilangkan sisa makanan yang tertempel.
  • Setelah selesai menggosok area gigi bagian kanan, kiri dan depan, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan/ menyikat gigi bagian dalam (gigi geraham). Usahakan sikat dengan cara pelan-pelan namun kotoran tak ada yang tertinggal karena biasanya plak kuning terjadi di area ini jika gosok giginya tidak bersih. Caranya: gunakanan ujung bulu sikat untuk menjangkau area gigi geraham dengan sedikit tekanan sampai ujung sikat sedikit melungkung.
    cara menggosok gigi geraham
  • Langkah terakhir gosok gigi dalam (gigi tengah) dengan cara menegakan lurus sikat gigi, lalu sikat gerakkan sikat keatas kebawah.
    cara gosok gigi bagian dalam
Nah itulah sedikit tips agar hasil sikat gigi anda bisa bersih maksimal, dan tentunya bisa membuat gigi putih, sehat dan terhindar baumulut. Namun apakah dengan cara ini saja ada bisa terhindar dari bau mulut dan plak?

Memang jika hanya melakukan cara sikat gigi yang baik dan benar tidak seratus persen menghilangkan bau mulut dan plak, oleh karenannya sehabis sikat gigi, anda bisa menyikat lidah anda dan kumur dengan antiseptic mouswore biasanya sih saya menggunakan listerin untuk mengoptimalkan sikat giginya.
cara menyikat lidah dan kumur

Catatan akhir: Dalam memilih jenis sikat gigi yang akan anda gunakan, usahakan carailah sikat yang memiliki bulu lembut dan pasta gigi yang tidak mengandung detergen, hal ini meminimalisir terjadinya gusi berdarah dan bengkak. Penyimpanannya pun harus perlu anda perhatikan simpan sikat di temapat penyimpanan yang bersih dan kering, jangan gunakan sikat gigi orang lain ( satu orang satu sikat gigi).

Mungkin sekian dulu pembahasan mengenai cara menggosok gigi yang baik dan benar, semoga artikel kali ini bisa berguna terutama saya sendiri dan umumnya bagi kita semua, jika kurang jelas caranya maaf, saya hanya manusia biasa yang tak luput dari salah heheh.

Cara Menggosok Gigi yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abdi llah