Cara Menjaga kesehatan saat Puasa

Cara Menjaga kesehatan saat puasa memang harus dan perlu kita perhatikan, pasalnya bulan puasa sebentar lagi akan datang, dan kita juga harus mempersiapkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita mulai dari sekarang agar saat puasa nanti kondisi tubuh bisa sehat dan bugar. Puasa juga merupakan salah satu ibadah wajib bagi kaum muslim dan muslimat sedunia ini.
Cara Menjaga kesehatan
Cara Menjaga kesehatan saat Puasa
Nah pastinya jika kita puasa badan akan terasa loyo, lemes dan tak bertenaga bukan?, hal ini dikarenakan pada saat hari biasa dan siang hari biasanya kita menyantap makanan dan minuman segar, seperti es dll. Namun pada bulan puasa kita harus terbebas dari satupun makan yang masuk kemulut kita.

Supaya aktivitas anda pada saat bulan puasa dapat berjalan lancar seperti hari-hari normal tentunya kita harus menjaga kesehatan dan pola makan yang tepat saat kita sahur dan buka puasa. Menjaga pola makan yang sehat dapat memberikan energy supaya tubuh anda tidak terasa loyo, dan KO di siang hari.

Dibawah ini merupakan cara atau tips untuk menjaga kesehatan saat anda menjalankan ibadah puasa ramadhan dan semoga tips yang ada dibawah bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan puasa anda amiiin.

  • Buat daftar menu makanan sahur dan buka
    Nah untuk mempersiapkan menghadapi hari-hari dibulan ramadhan langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan menu makan sehat yang akan anda masak dan konsumsi setiap harinya secara detail dan rapi (buat agenda daftar makan). Hal ini dapat mempermudah anda untuk menentukan menu apa yang akan anda konsumsi sekeluarga, tentunya menu makan ini harus yang mempunyai gizi tinggi supaya anda mendapatkan energy yang cukup saat di siang hari. Catatan penting: kalau bisa jangan konsumsi Junk Food saat anda buka dan sahur. karena makanan ini bisa memberikan efek negative untuk kesehatan. Dan jangan terlalu banyak minum es karena bisa mengakibatkan system sirkulasi darah dalam tubuh tak berjalan normal.
  • Minum Air putih yang banyak
    Seseorang yang berpuasa akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan saat disiang hari. Oleh karenannya usahakan minum air sebanyak banyaknya untuk menutupi kebutuhan air dalam tubuh anda, sehingga kulit, dan tubuh tidak mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Kebutuhan air minimal seorang biasanya 2,5 liter atau sekitar 8 gelas perhari. Jadi anda bisa membaginya mulai dari buka puasa hingga sahur.
  • Perbanyak makan buah dan sayur saat sahur
    Ketika anda sahur, usahakan perbanyak konsumsi Sayur dan buah-buahan, karena kedua makanan ini bisa memberikan kebutuhan gizi dan vitamin, dan tentunya perbanyak juga makanan yang mengandung sumber karbohidrat  seperti ubi, roti dan nasi. Makanlah buah-buahan mendekati waktu imsak, agar tidak terlalu lama, dan hilang lagi kandungannya. Setelah sahur sebaiknya anda jangan buru-buru tidur dahulu karena bisa menghambat metabolisme dalam tubuh kita.
  • Hindari minuman seperti Kopi dan minuman bersoda
    Saat sahur anda usahakan hindari kedua minuman ini, karena kopi mengandung kafein, dan kafein ini bisa memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan, sehingga anda mudah terserang kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Buka dan sahur dengan menu sehat
    Saat anda berbuka puasa, usahakan cukupi asupan gizi tubuh anda, anda bisa meminum teh hangat, 3 butir buah kurma dan madu, dan tak lupa anda harus mengimbanginya dengan menu makan yang seimbang seperti lauk pauk, nasi, sayur-sayuran dan buah-buahan. Saat buka jangan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung santan, karena bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.
  • Komsumsi makanan teratur 3 kali dalam sehari
    Loh kok tiga kali? Bukanya puasa siang tidak boleh makan yahh? Jika anda bertanya-tanya seperti itu, maka jawabanya, walaupun ketika siang hari anda tidak boleh makan, namun ada baiknya tetap makan teratur 3 kali sehari yaitu dengan cara: sahur, dilanjutkan saat buka puasa dan yang terakhir makan sekitar jam 11 malam. Dan dilanjutkan dengan sahur mendekati waktu imsak lakukan cara ini berputar.
  • Cukupi olahraga
    Kenapa puasa juga butuh olahraga, karena olahraga dapat menjaga dan membantu sirkulasi kerja oksigen yang mengalir dalam tubuh kita. Sehingga kebugaran dan kesehatan tubuh dapat terjaga secara normal. Dalam berolahraga juga jangan ambil olahraga yang terlalu berat namun ambil porsi olahraga ringan saja seperti jalan kaki/santai setelah makan sahur.
  • Cukupi kebutuhan waktu tidur anda
    Memang dihari atau bulan ramadhan biasanya kita tidur terlalu malam hal ini terjadi jika anda ikut tadarusan atau acara-acara lainnya. Namun anda juga harus memperhatikan kesehatan dengan porsi waktu tidur yang pas, supaya saat pagi tiba anda masih bugar, dan sehat untuk menjalankan hari-hari seperti biasanya.
  • Usahakan jangan asal konsumsi vitamin
    Memang salah satu cara untuk membuat tubuh kita menjadi lebih fit saat berpuasa adalah dengan mengkonsumsi supleman vitamin, namun anda harus tau juga bahwa sebenarnya mengkonsumsi suplemen vitamin itu tidak bisa menggantikan kebutuhan nutrisi yang kita dapatkan dari makanan yang bergizi, dan yang terpenting jika ingin menggunkan suplemen vitamin usahakan cari tahu apakah produk itu tak bahaya, dan sudah di recomendasi oleh BPOM, dan tak lupa konsultasikan ke dokter dulu.
Sekian dulu pembahasan mengenai cara menjaga kesehatan saat puasa semoga bisa menjadi solusi sehat, ketika bulan puasa yang sebentar lagi akan datang, dan tentunya semoga bisa bermanfaat amiiin.

Posted by: Jiehan Info Kesehatan Updated at: 17.6.13